Belakangan ini konten video lagi banyak banget disukain. Sampe-sampe Facebook aja ubah timeline-nya jadi banyak video yang bisa kita liat di Home. Meta data yang dipake sama Facebook sekarang mengarah ke konten video.

Ditambah lagi booming-nya Vlog (video blog) di YouTube yang ngebuat banyak kreator-kreator bermunculan. Booming Vlog bukan cuma di Indonesia aja loh, tapi juga ada di luar negeri; mulai dari beauty vlogger, daily vlogger, sampe beberapa jenis vlogger lainnya.

Nah tantangannya bukan cuma buat konten yang bagus aja, tapi juga perlu diperkirakan pengambilan gambar dan editing. Di blog kali ini gue mau bahas masalah editing video, tapi khusus untuk penambahan backsound aja. Ini yang agak tricky buat pemilihan lagunya.

Coba kalo video gak ada backsound, bakalan basi banget diliatnya. Tapi kalo ditambahin sama lagu, ati-ati juga kena copyright dari YouTube. Hasilnya video kita gak bisa diliat lagi sama orang lain atau dengan kata lain video kita melanggar hak cipta dari lagu tersebut.

Jadi gimana caranya buat gak ngelanggar hak cipta? Ada beberapa cara sih, salah satunya pas di proses editing, lagu yang dimasukin bisa dipercepat 0.3 kali. Ini gak kebaca sama meta datanya YouTube, tapi di kuping kita juga gak begitu keliatan bedanya.

Ini kalo kita pake lagu orang yang udah terkenal ya, yang udah established di mana-mana. Ada lagi cara laen yaitu pake lagu yang emang digratisin sama YouTube sendiri buat kita pake di video kita sebagai backsound. 

Kalo kita pake lagu yang ini, dijamin sih gak bakal kena copyright dari YouTube atau dengan kata lain royalty free. Jadi video kita bakal tetep ada di sana gak keblok lagi atau tiba-tiba jadi private pas buka di hape. Terus di mana kita bisa nemuin lagu gratisan itu?

Backsound Vlog

Pertama buka YouTube, terus login pake akun Gmail / YouTube lo. Terus di kanan atas ada tuh (avatar) akun lo, nah lo klik terus pilih Creator Studio.

Backsound Vlog

Kedua setelah masuk ke menu Creator Studio, di bagian kiri layar ada beberapa menu pilihan. Dari sini pilih Create. Terus bakal keluar banyak musik atau backsound yang bisa lo pake buat di video lo. Di sini juga bisa milih antara Free music sama Sounds effects. Genre-nya pun bisa dipilih sesuai yang pas buat video kita.

Backsound Vlog

Kita bisa tinggal download lagu yang kita mau. Nah biar pun gratis, bukan berarti kita bisa pake seenaknya aja. Tapi perlu diperhatikan juga ada beberapa pilihan musik yang minta ditulisin kata-kata berikut link di deskripsi video lo di YouTube nanti ada juga yang gak perlu ditulisin. Intinya sih gratis-gratis juga, toh gak ada salahnya juga kan nulis siapa yang buat lagunya?

Selamat berkarya.

Advertisements