Bukan cuma kita aja yang punya rahasia, ternyata pesawat juga punya rahasia. Siapa yang pegang rahasianya? Para pekerja di dalemnya, kayak pramugari gitu. Terus apa aja rahasia di dalam pesawat yang kita tidak tau? Ada beberapa rahasia yang sebenernya mau disampein sama pramugari, tapi gak bisa.

Ya gak mungkin juga sih dikasih tau ke semua penumpang hahaa. Terus apa aja rahasianya? Nih gue jelasin di bawah:

Kita gak akan dapet makanan fresh

Image source: Seatmaestro
Image source: Seatmaestro

Percaya gak? Udah percaya aja. Karena setiap makanan yang ada di pesawat itu pas dianterin adalah makanan beku yang bisa tahan selama 72 jam. Wow.. 72 jam bukan waktu yang sebentar. Jadi bisa dibayangin gimana itu makanan mau fresh?

Sebelom di sajiin, jelas dipanasin dulu sama para pramugarinya. Jadi pas sampe di meja kita adalah makanan yang anget siap santap *nomnomnom*.

Terbang pagi lebih baik

Image source: Imgur
Image source: Imgur

Udah tau kan kalo terbang pagi (first flight) atau terbang malem (last flight) harganya lebih murah dari jadwal terbang lainnya? Nah tapi bukan itu yang mau gue bahas sekarang, karena apa? Karena terbang pagi (bukan cuma penerbangan pertama) itu cuacanya lebih baik daripada terbang siang, sore atau malem.

Kalo kita terbang pagi, bisa kemungkinan dapet turbulensi lebih sedikit dari yang lainnya. Jadi ada dua keuntungan kalo kita bisa pesen penerbangan pagi.

Bukan toilet, tapi ini yang paling kotor di dalam pesawat

Image source: Phillyvoice
Image source: Phillyvoice

Satu lagi rahasia di dalam pesawat yang mungkin kita gak tau. Kalo sebelumnya lo pikir toilet adalah yang paling kotor di pesawat, ternyata salah. Bukan toilet, melainkan seat belt dan meja di depan kita yang biasa dipake buat makan, iyuh.

Pas pesawat parkir dan semua penumpang udah turun, pramugari kadang nyemprotin sesuatu atau ngambil sisa-sisa sampah. Tapi gak ada yang ngebersihin meja di depan.

Pendaratan yang sempurna tergantung cuaca

Image source: Airlineberg
Image source: Airlineberg

Pas lagi terbang kemudian mendarat tapi gak alus alias kasar, coba jangan salahin pilotnya. Karena lembut atau kasarnya landing tergantung dari cuaca. Apalagi kalo ujan, jangan harap dapet pendaratan yang mulus.

Baca juga: “Jalan-jalan ke Etihad Stadium, mulai dari seneng sampe deg-degan

Karena kalo landasan basah, pilot harus mendaratkan pesawat dengan kenceng buat menghindari aquaplaning; keadaan posisi ban gak bener-bener napak pada permukaan jalan yang bisa diakibatkan karena jalannya digenangi aer.

Jadi kalo pas mendarat kasar, coba jangan raguin skill pilotnya. Karena justru itu pilot tau betul apa yang dia lakukan. Justru kalo ujan, runway basah, terus lo mendarat alus, nah itu yang bahaya kali ya?

Kenapa ada asbak di dalem pesawat?

Image source: Businessinsider
Image source: Businessinsider

Nah ini dia salah satu rahasia di dalam pesawat yang mungkin kita gak tau. Selama ini kan kalo naek pesawat pasti gak boleh ngerokok kan? Terus kenapa juga ada asbak di toilet? Apa jangan-jangan lo belom pernah liat kalo ada asbak di toilet pesawat?

Coba deh pas lagi di pesawat, perhatiin di toiletnya itu ada asbak. Bahkan kadang-kadang ada asbak di senderan tangan kursi juga. Gue sih dulu fikirnya ini pesawat lama yang udah mulai terbang pas belom ada larangan gak boleh ngerokok, tapi gak taunya salah.

Ternyata asbak di sini dibuat kalo ada penumpang bandel yang tetep mau ngerokok di toilet. Jadi asbak ini bisa mereka pake daripada mereka buang di tempat sampah yang bisa menyebabkan kebakaran. Nah kan gak lucu kalo lagi terbang, tapi pesawatnya kebakaran gara-gara puntung rokok?

Tapi, jangan juga karena ada asbak di toilet pesawat, lo pake buat ngerokok juga. Ati-ati ngelanggar aturan internasional di dunia penerbangan.

Advertisements