Buat para Blogger; sebutan bagi para pengelola blog, pasti mau mendapatkan ranking blog yang bagus di Google ‘kan? Sama kayak waktu sekolah dulu, pasti mau punya peringkat yang bagus di antara temen sekelas.

Peringkat yang bagus di Google dalam hal ini website lo ada di halaman terdepan di situs pencarian Google. Dengan itu website atau blog lo akan lebih gampang ditemuin.

Kalo udah mudah ditemuin, kemungkinan buat dibaca sama orang akan besar. Kalo udah gitu kemungkinan buat dapetin iklan di web atau blog lo akan semakin besar.

Terus apa aja yang harus diperhatiin agar punya ranking blog yang bagus di Google? Gue menanyakan hal ini ke tiga orang programmer, berikut adalah jawaban dari mereka:

“Pertama yang harus diperhatiian adalah konten web lo harus oke punya. Udah gitu jangan duplikasi. Maksudnya duplikasi, konten yang ada di web lo jangan copy paste atau sama persis dengan website lain” kata Charles, yang sekarang ini kerja di perusahaan digital agency.

Charles menambahkan, lo juga bisa menyebarkan tautan website atau blog lo biar semakin mudah dibaca orang. Cara menyebarkannya bisa gunain media sosial.

Baca juga: “Mengapa para fotografer sulit berpindah dari ‘agamanya’?

Serupa dengan jawaban di atas, Muchlis Abdi yang berprofesi sebagai IT Infrastucture, mengatakan buat mendapatkan ranking blog yang bagus di Google intinya ada pada isi konten website tersebut.

“Sebenarnya agak sedikit rumit, tapi yang pasti gak bisa instan. Rating tinggi suatu website itu tergantung dari isi konten di website tersebut” ujarnya.

Bisa dipastikan bahwa isi konten yang dimaksud adalah konten yang berkualitas. Nampaknya yang terpenting dalam meningkatkan ranking website di Google adalah isi konten itu sendiri.

Seperti yang diutarakan oleh Afrizal Putrawan, seorang programmer di perusahaan swasta, yang terpenting adalah isi konten website harus berkualitas dan unik. Juga website tersebut harus cepat ketika diakses.

“Kontennya harus bener-bener padat informasi, kemudian website tersebut harus bisa diakses dengan cepat dan menggunakan teknologi terbaik agar bisa diakses dengan berbagai device seperti ponsel, tablet, dan komputer tentunya” ujar Afrizal.

Selain itu, cara lain yang bisa ditempuh dengan mendaftarkan web lo di Google (search console) agar database web lo cepat dikenali oleh Google.

Afrizal menambahkan, cara lain dengan ikut tukar tautan ke pada web-web tertentu agar web kita makin populer. Intinya harus membuat bagus di search engine seperti Google dengan konten yang berkualitas.

Nah, dari pemaparan di atas, bisa diambil kesimpulan bahwa untuk mendapatkan peringkat yang bagus di Google yang terpenting adalah dengan menyajikan konten yang berkualitas.

Jadi pastiin kembali konten di website atau blog lo berisikan informasi-informasi yang sangat berguna. Selamat mencoba.

Catatan: Tulisan ini pernah di-publish di website tempat gue kerja dulu. Tau di mana? Coba tebak di mana?

Advertisements