Anjay, akhirnya gue bisa update blog lagi nih. Udah lama banget gue gak nyentuh ini blog, jadi buat kalian yang kangen sama gue *ehem* ini dia saatnya kita berjumpa lagi. Kali ini gue mau ngasih rekomendasi tempat ngopi yang gue datengin beberapa waktu lalu, namanya Fillmore Coffee.

Tempatnya sih enggak terlalu gede, tapi mereka punya dua lantai. Di lantai dasar itu indoor tapi di lantai duanya outdoor. Interior-nya didominasi sama meja dan kursi kayu. Enggak terlalu banyak sih emang buat “nampung” pelanggan, tapi berasanya udah kayak di rumah sendiri aja. Karena konsep yang dibawa sama owner-nya emang gitu, ngedepanin kekeluargaan.

Makanya enggak heran kalo ada neon sign di dalemnya tulisan “I am Home” gitu. Karena Fillmore Coffee ini mau “ngebawa” pengunjungnya jadi kayak lagi ada di rumah sendiri pas dateng ke sini.

Fillmore Coffee

“Pertama kita set dari dalemnya dulu. Di sini kita sebutnya keluarga sama siapa pun yang kerja di sini. Kita harus akrab dulu, dari situ kebentuk situasi di Fillmore tuh kayak gini. Nah, cara yang kayak gini yang harus kita bawa ke customer,” kata Randy, owner dari Fillmore Coffee.

Kedai kopi ini kiblatnya dari Amerika, ya enggak heran juga sih karena si Randy sendiri lama di sana. Dia sering nyobain kopi-kopi di coffee shop di sana. Sampe dia bawa namanya kopi Gibraltar yang kayaknya sih enggak bisa kita temuin di kedai kopi laen kalo di Jakarta (cmiiw).

Jadi Gibraltar ini asalnya dari San Francisco, pertamanya dibuat sama (kalo gue gak salah denger) Blue Bottle Coffee. Di Fillmore pake double espresso ditambah susu. Dinamain Gibraltar karena pake gelas bermerek Libbey dengan tipe gelas Gibraltar. Jadi bukan pake biji kopi dari Gibraltar ya.

Fillmore Coffee

Enggak bisa pake sembarangan gelas buat jadi kopi Gibraltar, harus pake gelas yang ini. Makanya jarang banget ‘kan kita liat ada menu ini di kedai kopi lain? Gelas ini bentuknya lebih kecil dari gelas lainnya. Karena lebih kecil, makanya rasa kopinya jadi lebih kuat.

Di sini yang wajib dicoba adalah kopi-kopi yang pake espresso; Capuccino atau Latte. Mereka juga baru aja membawa manual brew yang pake V60 dan Kalita. Oia, di sini mereka lagi enggak pake biji kopi lokal dari Indonesia, tapi pake biji kopi dari luar.

Fillmore Coffee Fillmore Coffee

Alesannya karena mereka lagi asik explore pake biji kopi luar. Meski gitu, bukan berarti mereka anti pake biji kopi lokal. Mereka juga pernah kok pake biji kopi dari Indonesia, tanggepannya juga bagus. Tapi ya lagi-lagi mereka mau coba pake biji kopi luar dulu. Kalo gini bukannya jadi keuntungan juga buat kita bisa nyicip biji kopi dari luar?

Fillmore Coffee

Fillmore Coffee sendiri ini adanya di Suites@SEVEN (tempat kost ekslusif), Jalan H Sidik No. 7, Karet Kuningan, Setiabudi. Tempatnya rada nyempil karena ketutupan sama pager tinggi, udah gitu signage-nya juga ketutupan sama ranting-ranting pohon. Gue sih nyasar waktu ke sini hahaa..

Advertisements